Pembinaan Karakter Berdasarkan Nilai-Nilai Kristiani Kelas XI di SMAK 4

Jakarta, 28 September 2011

     Pelaksanaan pembinaan karakter kelas X di SMAK 4 telah berlangsung selama 2 hari. Tema yang dipilih adalah ” Penguasaan Diri”.

      Sekarang  ini pembinaan karakter bisa diintegrasikan dalam pembelajaran pada setiap mata pelajaran. Materi pembelajaran yang berkaitan dengan norma atau nilai-nilai pada setiap mata pelajaran perlu dikembangkan, dieksplisitkan, dikaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembelajaran nilai-nilai karakter tidak hanya pada tataran kognitif, tetapi menyentuh pada internalisasi, dan pengamalan nyata dalam kehidupan peserta didik sehari-hari di masyarakat.

      Pembinaan karakter di sekolah juga sangat terkait dengan manajemen atau pengelolaan sekolah. Pengelolaan yang dimaksud adalah bagaimana pendidikan karakter direncanakan, dilaksanakan, dan dikendalikan dalam kegiatan-kegiatan pendidikan di sekolah secara memadai. Pengelolaan tersebut antara lain meliputi, nilai-nilai yang perlu ditanamkan, muatan kurikulum, pembelajaran, penilaian, pendidik dan tenaga kependidikan, dan komponen terkait lainnya. Dengan demikian, manajemen sekolah merupakan salah satu media yang efektif dalam pendidikan karakter di sekolah. (wp)

 

Siswa - siswi terlihat sedang bersinergi  dalam pelaksaan tugas.

 

 

Terlihat siswa dan siswi sedang merancang suatu cerita menggunakan gambar yang di tempel di atas karton.

Webmail Access Box