Laporan Kunjungan Panti Asuhan X1

Laporan Kunjungan Panti Asuhan
Panti Asuhan Kampung Melayu
Kampung Melayu Kecil, Jakarta
22 – 23 Maret 2012



Kamis, 22 Maret 2012; sebagian dari kami, anak-anak kelas X-1 mengadakan kunjungan bakti sosial ke panti asuhan. Kami memilih Panti Asuhan Kampung Melayu yang beralamat di Jl. Kampung Melayu Kecil, Jakarta Timur. Alasan kami memilih Panti Asuhan Kampung Melayu karena kami melihat anak-anak panti disini membutuhkan uluran kasih dari kami semua.

Panti asuhan ini menampung anak-anak terlantar dari keluarga yang kurang mampu, serta anak-anak yang tidak dirawat oleh orang tua mereka. Anak-anak panti ini berusia mulai dari balita sampai ada yang kelas 3 SMA.

 


Pagi hari, kami berkumpul di sekolah dan berencana membeli sembako di supermarket sekitar sekolah. Kami membeli berbagai sembako. Seperti mie instant, susu kaleng, gula, minyak, dan lain-lain. Kami juga membelikan detergen untuk mencuci pakaian. Tak lupa juga kami membeli beberapa souvenir untuk acara games yang nanti kami akan adakan. Setelah membeli sembako dan souvenir di supermarket, kami bersiap-siap untuk pergi ke panti asuhan. Kami sudah membawa tas kami yang berisikan pakaian untuk menginap selama satu malam di panti asuhan tersebut.

 


Murid yang berangkat bersama-sama kurang lebih 17 orang, tapi yang akan menginap hanya 7 orang. Hal tersebut dikarenakan tempat dari panti asuhan yang tidak mencukupi. Kami berangkat ke panti asuhan menggunakan mobil. Kira-kira kami sampai disana kurang lebih jam 12 siang karena jalan yang kami lalui sangat macet. Sesampainya kami disana, kami menurunkan semua sembako yang kami bawa dan mendatanya untuk diberikan kepada pihak panti asuhan. Kami disambut baik oleh semua pihak panti asuhan, mulai dari pengurus sampai anak-anak panti asuhan yang ada.

 

Setelah mendata dan menyerahkan sembako-sembako yang kami bawa. Kami, yang menginap, dipersilahkan menaruh barang-barang bawaan kami terlebih dahulu di kamar yang telah disediakan. Kami diberi kamar sendiri, padahal kami berharap kami akan ditempatkan di kamar bersama-sama anak-anak panti yang lain.

 


Setelah semua peralatan di aula siap dan anak-anak panti berkumpul, kami memulai acara kami. Kami mengadakan perkenalan terlebih dahulu, kemudian kami bernyanyi bersama. Kami juga mengadakan games yang bisa diikuti oleh semua anak panti. Games yang kami berikan memerlukan kekompakkan dari setiap team yang ada. Kami juga ikut dalam games ini untuk memeriahkan acara.

 

Oya, waktu kami bernyanyi-nyanyi kami juga sambil ‘bergoyang’. Anak-anak panti asuhan ternyata ada yang bisa memainkan gitar, menyanyi, serta menari. Kami ditantang untuk menari bersama mereka. Tawa seketika meledak ketika kami semua ‘bergoyang’ bersama mereka. Kira-kira pukul 14.30, kami memulai acara nonton bersama. Kami membawa beberapa film yang akan dipilih oleh anak-anak panti sendiri, anak-anak panti memilih film “ Spy Kids “ dari semua film yang ada. Setelah kami menonton bersama, kami juga menikmati makan malam bersama. Kami telah memesan Hoka-Hoka Bento untuk kami nikmati bersama. Anak-anak panti terlihat sangat bahagia ketika makan bersama kami.

 


Setelah kami menikmati makan malam bersama, yang tidak menginap bisa pulang dan kami yang menginap ( Calvin Salim, Giovani Arlin, Jalsion Sandjaya, Jesslyn Permatasari, Kent Alexander, Risabella Wongso, & Winia ) tetap tinggal di panti asuhan. Kami yang menginap, mandi secara bergantian dan bertukar baju tidur. Kami menghabiskan waktu sebelum tidur untuk mengobrol bersama anak-anak panti di kamar mereka masing-masing.Hari sudah malam dan kami memutuskan untuk tidur di kamar yang pihak panti asuhan telah sediakan.

 


Pagi hari esoknya, kami bangun dan membersihkan lingkungan panti bersama anak-anak panti. Kami ingin merasakan apa yang mereka rasakan. Kami juga membereskan tempat tidur kami seperti anak-anak panti lakukan. Karena hari Jumat, banyak dari mereka yang masih bersekolah. Kami mengantar mereka ke sekolah dengan mobil yang kami bawa. Mereka tampak sangat senang, kami juga ikut senang melihat mereka. Setelah kami mengantar mereka, kami kembali ke panti asuhan lagi dan berbincang-bincang dengan anak-anak panti yang bersekolah siang hari. Kami juga menjemput beberapa anak-anak panti yang sekolah pagi dan mengantar beberapa anak-anak panti yang bersekolah siang.

 


Siang hari seusai menjemput beberapa anak-anak panti yang sekolah pagi dan mengantar beberapa anak-anak panti yang bersekolah siang, kami berpamitan dengan anak-anak dan pengurus panti. Kami berterimakasih atas segala pelajaran yang diberikan oleh anak-anak serta pengurus panti.
Banyak hal yang bisa kami dapatkan ketika kami melakukan kunjungan ini. Kunjungan ini sangat berarti untuk hidup kami ke depannya. Terima kasih, Panti Asuhan Kampung Melayu.

 


Webmail Access Box