Melatih Kemandirian Anak Sejak Usia Dini

Penulis: Mariana Hendarto, S.Pd

          Saat ini anak-anak kurang dapat hidup mandiri dikarenakan orang tua terkadang terlalu sibuk bekerja. Orang tua sepenuhnya mempercayakan segala kebutuhan anak kepada suster, pembantu rumah tangga atau kakek dan neneknya. Sehingga anak sekarang kurang mandiri, mereka selalu meminta bantuan apabila melakukan segala sesuatu. Mulai bangun tidur, mandi, makan, merapikan mainan, memakai baju, memakai sepatu, bermain dan ataupun saat mereka hendak tidur seringkali mereka meminta untuk ditemani ataupun dibantu dalam melakukan segala aktivitasnya.

 

 

         Sekolah mengajarkan dan membantu agar anak dapat mandiri dalam melakukan segala aktivitasnya. Dimulai dari hal melepas sepatu, memakai sandal, buang air kecil, mencuci tangan, membuka tas dan bekal makanan sendiri serta merapikan alat yang telah ia gunakan atau merapikan mainan diajarkan bertahap kepada anak-anak kami dengan peznuh kesabaran. Sekolah melatih anak di sejak usia dini agar mereka dapat mandiri sebelum masuk ke jenjang lebih tinggi yaitu Sekolah Dasar.

 


 

         Di Taman Kanak-kanak,anak-anak tidak hanya belajar mengenai berhitung dan membaca saja. Pada usia mereka lebih baik diajarkan dan diterapkan lebih banyak mengenai kemandirian. Apabila mereka dapat hidup mendiri dalam melakukan segala aktivitasnya, tentunya nanti pada saat mereka dewasa, mereka akan terbiasa hidup mandiri.

 


          Kami berharap kemandirian yang diajarkan di sekolah untuk anak-anak kami dapat menjadikan mereka penerus bangsa yang berguna bagi negara Indonesia, orang tua dan terlebih untuk kemuliaan Tuhan Yesus.

Webmail Access Box