Jambore Pramuka Penggalang BPK PENABUR Jakarta

BPK PENABUR Jakarta mengadakan Jambore Pramuka Penggalang pada Senin hingga Rabu, 8–10 Juni 2009 di Bumi Perkemahan Cibubur. Kegiatan diikuti 1.278 siswa anggota Pramuka Penggalang dari SMPK PENABUR Jakarta, SMPK PENABUR Lampung dan SMPK PENABUR Cirebon.

 

 

Dengan tema F.R.I.E.N.D.S (Friendship, Responsibility, Independence, Enthusiasm, Noble, Dynamic, Sharing), kegiatan Jambore bertujuan memupuk kemandirian serta menjalin persahabatan dan persaudaraan.

 

 

Kegiatan jambore dibuka oleh Ir. Robert Robianto (Ketua BPK PENABUR Jakarta). Dalam kata sambutannya, ia berharap melalui kegiatan ini, peserta jambore dapat merasakan arti kesederhanaan serta dapat terbina persahabatan diantara anggota Pramuka Penggalang BPK PENABUR. Hadir dalam acara pembukaan, Pengurus BPK PENABUR Jakarta yakni: Penny Tjandra, Rini Suherman, dan Lany Prajogo; Kabag. Layanan Siswa, Dian Kurnia; Kajeng SMPK, Ester Lesmana; Kepala SMPK; dan Pembina Pramuka Penggalang. Acara pembukaan dimeriahkan dengan penampilan Drumband SDK PENABUR gading Serpong, serta kolaborasi tarian oleh Siswa SMPK 7 PENABUR dan SMPK PENABUR Gading Serpong.

 

 

Selama tiga hari peserta mengikuti kegiatan di dalam Bumi Perkemahan Cibubur, antara lain: workshop Lingkungan Hidup oleh JICA (Japan International Corporation Agency), Leadership oleh Citra Pemimpin Remaja – CNI Peduli, NAPZA (Narkoba Alkohol Psikotropika, dan Zat Adiktif), Tekpram (Teknologi Kepramukaan), Chinese Art, Melukis Topeng, Creative Writing, Kerohanian dan Karakter, Tari Daerah, Saka Dirgantara, Saka Bakti Husada, Saka Bahari, Tracking, Swimming, Permainan Tradisional. Tak hanya itu, peserta juga mengikuti kegiatan  kunjungan, antara lain: kunjungan ke Kebun Binatang Ragunan, Kampus Diakonia Modern, Kebun Raya Bogor, Museum Purna Bakti TMII, dan Madu Apriari. Terdapat juga Panggung Kreasi FRIENDS, dimana peserta dan bintang tamu menampilkan pertunjukkan band, tarian, dan kreativitas. Setiap peserta jambore diharapkan mengikuti 80% kegiatan untuk mendapatkan Tiska (tanda keikutsertaan) Jambore BPK PENABUR Jakarta.

 

 

Dalam Upacara Penutupan Jambore, dibagikan penghargaan kepada para peserta terbaik dalam kegiatan ini dan dilakukan pelepasan burung merpati sebagai tanda persahabatan dan perdamaian. Dilakukan pula serah terima Koordinator Kegiatan Jambore tahun ini dari Thomas Kristo, MM (SMPK PENABUR Gading Serpong) kepada Robertus (SMPK PENABUR Harapan Indah) yang akan menjadi Koordinator Jambore tahun pelajaran 2009-2010. Acara ditutup secara resmi oleh Dr. Ir. Hadiyanto Budisetio (Pengurus BPK PENABUR Jakarta). Dalam sambutannya, ia berharap pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh peserta dalam jambore dapat diterapkan sepanjang hidup mereka.

 

 

Kegiatan Jambore Pramuka Penggalang BPK PENABUR Jakarta  diselenggarakan oleh Seksi Kegiatan Siswa, Bagian Layanan Siswa BPK PENABUR Jakarta dan pada tahun ini kegiatan dikoordinasi oleh SMPK PENABUR Gading Serpong.  *** (Nana)

Webmail Access Box